BAB I
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Modul ini merupakan penjelasan pada standar kompetensi “Menyiapkan kamar tamu” yaitu : menata perlengkapan trolley, akses ke kamar untuk pelayanan, membereskan tempat tidur, membersihkan dan merapikan kamar, membersihkan dan menyimpan trolley serta perlengkapannya. Materi ini berkaitan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani kamar tamu dan diharapkan untuk memberikan pelayanan kepada tamu sehingga tamu merasa puas dan akan kembali lagi.
B. Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini setiap siswa harus mempelajari terlebih dahulu kompetensi :
· Pengantar perhotelan secara umum.
· Membersihkan lokasi / area dan peralatan.
C. Petunjuk Penggunaan Modul
1. Bagi siswa
a. Bacalah modul ini sebelum proses pembelajaran berlangsung dengan benar dan teliti.
b. Jika anda on the job training (OJT), anda boleh menggunakan modul ini sebagai petunjuk untuk belajar dan materi ini dapat dipraktekkan dalam situasi saat belajar.
c. Semua siswa harus sering mempraktekkan.
d. Siswa yang tidak mengerti dapat berkonsultasi dengan guru pembimbing.
e. Apabila anda sudah menguasai materi ini maka mintalah kepada guru untuk diujikan sekaligus dinilai.
2. Bagi guru (fasilitator)
a. Bagikanlah modul ini sebelum pembelajaran berlangsung.
b. Bimbinglah setiap siswa agar tidak mendapatkan kesulitan saat mempelajari modul ini.
c. Persiapkan semua fasilitas yang diperlukan untuk proses kegiatan dalam mempelajari modul ini agar siswa menjadi kompeten.
d. Berilah kesempatan bertanya kepada siswa.
e. Manfaatkan audio visual jika ada.
f. Siapkan soal-soal tes untuk mengetahui kemajuan belajar setiap siswa.
g. Berilah saran kepada siswa yang membutuhkan.
h. Buatlah kelompok siswa.
i. Berikanlah penilaian kemajuan belajar, sehingga tujuan akhir dapat dicapai.
D. Tujuan Umum
Setelah mengikuti proses pembelajaran ini diharapkan setiap siswa mampu “Melakukan make up room yang benar”
E. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti proses pembelajaran ini setiap siswa diharapkan dapat :
· Menjelaskan pengertian menyiapkan kamar tamu.
· Mengidentifikasi perlengkapan atau formulir yang dibutuhkan saat akan melakukan pembersihan kamar tamu.
· Menyebutkan dan menjelaskan job description room attendant.
· Menjelaskan proses membersihkan kamar tamu.
· Melaksanakan prosedur menyiapkan kamar tamu.
F. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
Kode unit | : | PAR.HT02.028.01 |
Judul unit | : | Menyiapkan kamar tamu |
Deskripsi unit | : | Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyiapkan kamar tamu. Dalam operasional akomodasi berskala kecil, tugas-tugas ini dapat dilaksanakan oleh staf housekeeping (room attendant). |
ELEMEN KOMPETENSI | KRITERIA UNJUK KERJA | |
01 | Menata perlengkapan pada trolley | 1) Memilih perlengkapan yang dibutuh-kan untuk pelayanan kamar secara benar dan di-siapkan untuk kemudian digunakan. 2)Mengidentifikasi persediaan untuk trolley secara teliti dan memilih atau memesan dalam jumlah yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan. 3) Memuat persediaan yang memadai dengan aman pada trolley sesuai dengan prosedur perusahaan. |
02 | Akses ke kamar untuk pelayanan | 1) Mengidentifikasi kamar yang membutuhkan pelayanan secara benar dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping. 2) Masuk ke dalam kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan. |
03 | Membereskan tempat tidur | 1) Membersihkan tempat tidur bantal dan linen diperiksa kalau ada noda dan kerusakan. 2) Menghilangkan noda sesuai dengan prosedur perusahaan. 3) Mengganti seprei tempat tidur sesuai dengan standar dan prosedur perusahaan. |
04 | Membersihkan dan merapikan kamar | 1) Membersihkan kamar dengan susunan yang benar diatur agar gangguan pada tamu minimal. 2) Membersihkan seluruh perabotan dan perlengkapan dan memeriksa sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/ kesela-matan. 3) Menata kembali seluruh barang-barang sesuai dengan standar perusahaan. 4) Memeriksa persediaan kamar, mengganti sesuai dengan standar perusahaan. 5) Mengidentifikasi rayap/hama secepatnya dan tindakan yang tepat diambil sesuai dengan prosedur keselamatan peru-sahaan. 6) Memeriksa kamar jika ada kerusakan dan seluruh kerusakan dilaporkan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan. 7) Mencatat barang-barang yang rusak sesuai dengan prosedur perusahaan. 8) Melaporkan secepatnya barang-barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan sesuai dengan prosedur perusahaan. 9) Mengumpulkan dan menyimpan barang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong sesuai dengan prosedur perusahaan. |
05 | Membersihkan dan menyimpan trolley serta perlengkapan | 1) Membersihkan Trolley dan perlengkapan setelah digunakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan. 2) Menyimpan seluruh barang-barang secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan. 3) Memeriksa persediaan dan barang-barang yang perlu diganti atau di tata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan. |
G. Batasan Variabel
1. Unit ini berlaku hampir pada perusahaan dimana akomodasi disediakan.
2. Menyiapkan kamar tamu hanya dilakukan pada kamar tamu yang ada di hotel.
H. Panduan Penilaian
1. Keterampilan dan pengetahuan penunjang untuk mendemonstrasikan kompetensi, dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang :
· Pengetahuan tentang jenis-jenis kamar.
· Peralatan kebersihan dan bahan pembersih
· Prosedur menyiapkan kamar tamu.
2. Konteks penilaian
Unit ini dapat dinilai berdasarkan pada saat bekerja. Penilaian harus mencakup peragaan praktis baik di tempat kerja maupun melalui simulasi. Hal ini harus didukung oleh serangkaian metode-metode untuk menilai pengetahuan penunjang.
3. Aspek penilaian
Petunjuk harus mencakup pengetahuan yang didemonstrasikan tentang menyiapkan kamar tamu dan kemampuan untuk memberikan layanan yang ramah dan sopan kepada tamu. Petunjuk harus juga mencakup suatu kemampuan yang didemonstrasikan untuk menangani menyiapkan kamar tamu.
4. Kaitan dengan unit-unit lain
1) Unit ini harus dinilai dengan atau setelah unit-unit berikut ini :
· Pengantar perhotelan secara umum.
· Membersihkan lokasi / area dan peralatan.
2) Tergantung pada sektor industri yang sesuai dengan tempat kerja untuk melakukan latihan kerja.
I. Tujuan Akhir
Setelah selesai mempelajari modul ini, semua siswa diharapkan :
1) Mampu menata trolley dengan prosedur yang benar.
2) Mampu memasuki kamar dengan prosedur yang benar.
3) Mampu melakukan membereskan tempat tidur sesuai dengan standar operasional prosedur.
4) Mampu membersihkan dan merapikan kamar sesuai dengan standar operasional prosedur.
5) Mampu membersihkan trolley dan menyimpan kembali sesuai dengan standar operasional prosedur.
BAB II
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
MENATA PERLENGKAPAN DAN TROLLEY
Tugas anda sebagai room attendant sangat rumit dan luas.Waktu yang tersedia cukup terbatas. Oleh karena itu berusahalah menepati waktu dan menggunakannya dengan efektif dan efesien.
Persiapan Diri
Yang dimaksud dengan penampilan room attendant adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggungjawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesame karyawan dan sikap yang sopan, ramah dan siap melaksanakan tugas denganpenuh rasa tanggung jawab.Dalam melaksanakan tugas akan berhubungan langsung dengantamu. Untuk itu jagalah kebersihan dan kerapihan diri anda dari ujung rambut sampai ujung kaki. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
· Berpenampilan rapih dan bersih serta sopan.
· Rambut pendek diatas kerah.
· Bagi wanita bila rambut panjang harus menggunakan harnet.
· Tidak menggunakan assesoris yang berlebihan.
· Tidak menggunakan make-up yang berlebihan.
· Tidak berkumis dan berjenggot bagi laki-laki.
· Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang.
· Kebersihan gigi.
Gunakan uniform yang sesuai dan hanya digunakan pada saat bekerja.
1. Persiapan peralatan
Sebelum melaksanakan pekerjaan, mengambil kunci kamar di housekeeping office dan mengambil room attendant control sheet dengan wajah yang fresh. Mempersiapkan peralatan kerja yang meliputi :
· Room attendant control sheet.
· Kunci kamar.
· Pulpen.
· Buku catatan.
· Linen
· Guest supplies dan guest amenities.
2. Menata perlengkapan
Kondisi status kamar dapat memperkirakan jumlah kamar yang akan dibersihkan yang berarti bahwa jumlah linen yang diperlukan dapat diketahui. Perlengkapan keperluan kamar yang dipersiapkan dalam room attendant trolley adalah :
Linen supplies
- Double sheet - pillow case - Hand towel - Bath mat / bath rug
- Single sheet - Bath towel - Face towel
Guest supplies (guest amanities)
- Bath soap - Tissue - Sanitary bag / disposal bag
- Hair shampoo - Toilet paper - Sewing kit
- Tooth brush&paste - Shower cap - Matches
- Bath foam - Sanitary napkin - Candle
- Stationary kit (envelope, writing paper, postcard, cable gram, memo pad, guest comment slip, pulpen, brosur stiker dll).
Other supplies
- Laundry bag - door knop menu - sewing kit
- Laundry list - Do not disturb sign - Formulir yg diperlukan
- Room service menu - Telephone tend card Room supplies
- Asbak - Gelas minum - Bola lampu
ROOM ATTENDANT TROLLEY
BAB III
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
AKSES KE KAMAR UNTUK PELAYANAN
1. Status kamar
Kondisi kamar dapat ditulis dengan kode atau symbol yang umum untuk semua hotel yaitu :
OC (occupied) V (vacant) VC (vacant clean)
VCL (vacant clean inspection)
CO (check out)
SO (sleep out)
DD (don’t disturb) DL (double lock) OOO (out of order) | : : :
:
:
:
: : : | Kamar tersebut ditempati oleh tamu. Kamar sudah kosong tapi belum siap jual Kamar sudah kosong dan sudah bersih tapi belum siap dijual. Kamar sudah bersih dan sudah diperiksa, siap untuk dijual. Tamu sudah meninggalkan kamar dan sudah membayar. Kamar sudah disewa tamu tapi tamu tidak tidur di kamar hotel. Tamu tidak mau diganggu. Kamar dikunci dua kali oleh tamu. Kamar tidak bias dijual karena ada kerusakan. |
Housekeeping extra items
· Extra bed (tempat tidur tambahan)
· Baby cot (tempat tidur bayi)
· Iron&iron board (setrika dan meja setrika)
· Transpormator
· Con plug
2. Pengecekkan pertama (first checking)
Tujuan dari first checking adalah untuk memeriksa keadaan status kamar secara nyata dengan status kamar berdasarkan data yang ada.
Prosedure first checking :
· Sebelum mengetuk pintu, perhatikan apakah di pintu kamar terdapat tanda “don’t disturb sign”, jika ada tidak boleh diketuk.
· Setiap akan masuk kamar, ketuk pintu dan ucapkan “housekeeping” 3x walaupun tidak ada tamunya.
· Bila tidak ada jawaban , buka pintu perlahan dengan mengucapkan “excusme” kemudian periksa keadaan kamar, apakah terdapat kerusakan jika ada segera buat work order (wo) dan laporkan ke supervisor untuk diteruskan ke engineering.
· Kamar kosong (vacant), periksa kelengkapan kamar, apakah dalam keadaan baik atau ada yang hilang.
· Kamar check out, periksa kelengkapan kamar apakah ada barang milik hotel yang terbawa oleh tamu atau ada barang milik tamu yang tertinggal, kalau ada segera laporkan.
· Kamar yang ada tamunya di dalam kamar, supaya tamunya tidak tersinggung tanyakan apakah ada cucian yang akan di laundry.
· Kamar yang sleep out, laporkan kepada supervisor.
· Kamar yang ON (occupied no luggage) laporkan sebagai check out room.
· Setelah selesai, melakukan pemeriksaan, catat hasilnya pada “room attendant sheet” dan laporkan pada supervisor.
3. Memasuki kamar
Doronglah room attendant trolley ke depan pintu kamar yang akan dibersihkan, letakkan trolley dan hadapkan bagian terbuka dari trolley di depan pintu kamar. Ketuk pintu kamar 3x dengan mengucapkan “housekeeping”. Bila tidak ada jawaban bukalah pintu kamar perlahan. Bila ada tamu yang sedang tidur didalam tutup kembali secara perlahan. Apabila ketika mengetuk pintu ada jawaban dari tamu dan diminta masuk maka sapalah tamu dengan sopan. Setelah ada didalam kamar periksalah semua perlengkapan kamar, catat dan laporkan bila ada yang rusak.
Ambil sampah dan buanglah ke dalam garbage humper pada trolley. Bila ada peralatan room service keluarkan dan letakkan di service area. Bila ada pakaian tamu yang hendak dicuci hubungi bagian laundry.
BAB IV
KEGIATAN PEMBELAJARAN 3
MEMBERESKAN TEMPAT TIDUR
1. Jenis dan ukuran tempat tidur
Nama Tempat Tidur | Ukuran | Keterangan |
Crib | 71 x 132 cm | Tempat tidur untuk bayi |
Rool away | 99 x 190 cm | Tempat tidur untuk satu orang |
Twin | 2 x (99 x 193) cm | Dua tempat tidur single |
Three-quarter | 121 x 193 cm | Tempat tidur untuk dua orang |
Double | 137 x 193 cm | Tempat tidur untuk dua orang |
Queen | 152 x 203 cm | Tempat tidur untuk dua orang |
King | 177 x 203 cm | Tempat tidur untuk dua orang |
2. Jenis-jenis linen (lena) tempat tidur
a. Bed skirt
Penutup bad base (spring bed), warna disesuaikan dengan interior kamar.
b. Bed pad (bed protector)
Digunakan untuk menahan keringat atau cairan supaya tidak langsung mengenai mattress.
c. Sheet
Sheet terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
1) Sheet 1 : Digunakan untuk membungkus mattress secara keseluruhan.
2) Sheet 2 : Cara memasangnya harus terbalik, tujuannya agar bagian yang halus yang mengenai badan tamu dan untuk melapisi blanket dari arah bawah.
3) Sheet 3 : Digunakan untuk membungkus blanket dari arah luar. Sheet 3 disebut juga top sheet.
d. Blanket : Digunakan untuk menahan hawa dingin.
e. Bed cover : Berfungsi untuk menutupi tempat tidur dari debu dan memperindah penampilan tempat tidur.
f. Pillow case : Digunakan untuk membungkus bantal.
3. Striping bed
Sebelum tempat tidur ditata dengan lena yang bersih, lena yang telah terpakai harus dibuka satu persatu. Setiap membuka lena harus dikibaskan barangkali ada barang milik tamu yang tertinggal atau ada lena yang terkena noda atau rusak.
Proses membuka lena sebagai berikut :
· Buka pillow case dan letakkan pillow di atas kursi yang terdekat.
· Tarik sheet ke-3 dan letakkan di atas kursi yang terdekat.
· Tarik blanket dan letakkan di atas sandaran kursi.
· Tarik sheet ke-2 dan letakkan di atas kursi.
· Tarik sheet ke-1 dan letakkan di atas kursi.
· Ambil semua lena kotor dan simpan pada linen humper di trolley.
· Bawalah sheet dan pillow case serta towel yang diperlukan.
4. Menata tempat tidur
1) Balikkan bed secara berkala.
2) Letakkan bad protector sebagai pelindung bed dari cairan.
3) Usahakan anda berdiri di top bed untuk memudahkan menebar sheet.
4) Tebarkan sheet ke-1 di atas tempat tidur.
5) Lipatlah ujung sheet pada bagian kepala terlebih dahulu.
6) Tebarkan sheet ke-2, jahitan menghadap ke atas dan ujung depan sejajar dengan ujung kasur.
7) Lipat ujung sheet ke-2 dan ke-3 atas selimut.
8) Masukkan sheet ke-2 dan selimut sepanjang sisi tempat tidur.
9) Lipat sekaligus ujung lena dan selimut di bagian kaki tempat tidur.
10) Masukkan sekaligus dengan rapih sheet ke-2 dan ke-3 serta blanket pada sisi bed.
11) Tutup tempat tidur dengan bed cover.
12) Ambil pillow case dan masukkan pillow ke pillow case.
13) Letakkan pillow pada tempatnya.
14) Dorong atau letakkan tempat tidur pada tempatnya.
BAB V
KEGIATAN PEMBELAJARAN 4
MEMBERSIHKAN DAN MERAPIHKAN KAMAR
1. Teknik dan prosedur membersihkan perlengkapan
Furniture perlengkapan kamar tamu harus sering di dusting, agar semua perlengkapan kamar benar-benar bersih. Dalam kegiatan pembersihan dilakukan searah perputaran jam atau sebaliknya. Ada beberapa teknik pembersihan yang diterapkan antara lain :
1) Dusting, diterapkan terhadap semua perlengkapan kamar.
2) Dump dusting, diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang di cat atau perlengkapan yang kedap air.
3) Polishing, diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang di politur, pekerjaan ini dilakukan secara berkala.
4) Glass wipping, diterapkan terhadap perlengkapan kamar berupa cermin (dressing mirror, wash basin mirror dan glass window.
ALAT DAN BAHAN PEMBERSIH
Alat | Bahan Pembersih |
Dust cloth Clean cloth / Cotton cloth Bottle Sprayer Glass wiper | Wooden polish Glass cleaner |
Teknik dan Prosedur Pembersihan
· Kerjakan pembersihan dari atas ke bawah.
· Furniture yang mengandung logam atau besi diberikan alas dari plastic agar tidak meninggalkan noda bekas karat.
· Sambil men-dusting periksa kelengkapan guest supplies.
2. Melengkapi guest supplies kamar tidur
Kamar yang sudah dibersihkan perlu di cek kelengkapannya, letak perlengkapan harus sesuai dengan standar, baik jumlah maupun penempatannya.
Prosedur restocking yang harus dilaksanakan sebagai berikut :
· Persiapkan persediaan guest supplies dalam room attendant trolley sesuai jumlah yang dibutuhkan.
· Cek terlebih dahulu kelengkapan guest supplies.
· Dalam melengkapi kebutuhan guest supplies harus dicatat dalam room attendant control sheet.
· Membuat catatan khusus dalam kolom remark pada room attendant control sheet atau log book yang belum lengkap agar dapat dilengkapi oleh shift berikutnya.
Perlengkapan guest supplies yang harus tersedia :
Door | Wardrobe/Cupboard | Dressing Table | Night Table |
- Door knop menu - Do not distrub | - Hanger pria/wanita - Shoes shine - Laundry bag - Laundry list | - Stationary kit (brosure, amplop, postcard, guest questionary) - Room serv menu - Tray dilengkapi dg water jug / glass - TV program - Tend card - Safe deposit box | - Night lamp - Service directory book - Memmo pad - Ballpoint - Telephone |
Coffee table dilengkapi dengan matches dan ashtray
3. Penanganan kehilangan dan penemuan barang (lost&found)
Bila kamar tersebut baru saja ditinggalkan oleh tamu (c/o) periksalah dengan seksama barangkali ada barang milik tamu yang tertinggal. Kalau ada barang milik tamu yang tertinggal catat pada buku lost and found dan segera laporkan pada supervisor anda.
Bila kamar yang dibersihkan dalam keadaan occupied banyak barang atau pakaian tamu berserakan diatas tempat tidur atau kursi. Dalam hal ini gantungkan dan letakkan barang tersebut dengan rapih pada tempat yang semestinya.
4. Membersihkan dan menata kamar mandi
Cara membersihkan dan menata kamar mandi adalah tugas seorang room attendant untuk membersihkan dan mengatur perlengkapan yang ada di kamar mandi sehingga bersih, aman dan nyaman.
a. Persiapan
Menyiapkan peralatan dan bahan pembersih berupa hand brush, toilet bowl brush, sponge, oo towel dan bahan pembersih. Keseluruhan peralatan pembersih dan bahan bahan pembersih harus dalam keadaan bersih.
b. Langkah-langkah membersihkan kamar mandi
1) Flushing terlebih dahulu pada toilet bowl untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang tertinggal. Kemudian tuangkan toilet cleaner (mpc), biarkan beberapa saat agar bahan pembersih tersebut bereaksi terlebih dahulu, kemudian mengerjakan yang lain.
2) Cuci gelas, sendok dan asbak yang telah direndam dalam “wash basin” kemudian telungkupkan di “wash basin table” yang sudah dialasi dengan napkin khusus untuk gelas.
3) Bersihkan wash basin mirror dengan glass wiper dan glass cleaner.
4) Bersihkan wash basin bowl, wash basin table, water tap dengan campuran air dan sabun cair digosok dengan spong (soft/hard) dan keringkan dengan rubber sponge.
5) Bilaslah dengan air secukupnya, jangan lupa bersihkan kotoran yang mengendap pada saringan air dan keringkan dengan rubber sponge.
6) Bersihkan bath tub, mulai dari shower, dinding dan bath tub. Gosoklah dengan spong dan bahan pembersih, kemudian bilaslah dengan air yang banyak.
7) Bersihkan shower curtain dengan spong dan bilaslah dengan air.
8) Keringkan dengan rubber sponge mulai dari shower, dinding, bath tub, water tap dan shower curtain.
9) Gosoklah toilet bowl dengan toilet bowl brush secara merata kemudian lakukan “flushing” untuk membilasnya.
10) Gosoklah water tank, cover, ring dan body toilet bowl dengan sponge kemudian keringkan dengan rubber sponge
11) Bersihkan pintu kamar mandi pada bagian dalam dan luar.
12) Kembalikan cleaning equipment (carry caddy) tersebut ke room attendant trolley.
13) Melengkapi guest supplies (guest amenities) di kamar mandi
14) Moping lantai kamar mandi dengan dump moping.
- Membersihkan atau men-dusting seluruh perlengkapan (furniture) kamar tidur.
Dusting-lah seluruh perlengkapan kamar tidur searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam, kemudian sweeping lantai kamar atau vacuuming bila lantai karpet kemudian moping lantai dari yang terdekat dengan night curtain. Sambil moping tutuplah night curtain perlahan.
- Pemeriksaan terakhir (finaly check)
Periksalah kembali dengan melihat satu persatu keadaan kamar tersebut dari pintu keluar kamar, setelah yakin tutuplah pintu kamar perlahan.
- Administrasi (pengisian room attendant control sheet)
Mencatat semua lena dan guest supplies yang telah dipakai pada room attendant control sheet.
BAB VI
KEGIATAN PEMBELAJARAN 5
MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN TROLLEY SERTA PERLENGKAPANNYA
Semua sisa guest supplies dan bahan pembersih dikeluarkan dari room attendant trolley kemudian segera trolley dibersihkan agar terawatt dengan baik.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggudangan peralatan dan bahan pembersih adalah sebagai berikut :
1. Penggudangan sapu dan sikat
- Kotoran yang melekat harus dibersihkan.
- Brush dan broom sebaiknya digantung.
- Simpan dalam keadaan kering.
- Brush yang tidak digantung sebaiknya bulu sikat menghadap keatas.
2. Penggudangan alat penampung (container)
- Bersihkan dan keringkan sebelum disimpan.
- Ditumpuk dengan rapi untuk menghemat tempat.
3. Penggudangan lena (linen)
- Linen harus bersih dan kering.
- Dilipat dan diatur dengan rapih.
- Dikelompokkan menurut jenisnya.
4. Penggudangan alat pelindung
- Harus dalam keadaan bersih dan kering.
- Disimpan dengan teratur dan rapih.
5. Penggudangan alat mekanik (vacuum cleaner)
- Bersihkan seluruh bagian alat mekanik.
- Kabel harus dililitkan dengan rapih.
- Periksa seluruh komponennya.
6. Penggudangan bahan pembersih
- Kelompokkan menurut jenisnya.
- Simpan pada tempat yang telah ditentukan.
- Tutuplah dengan rapih.
- Perhatikan petunjuk penyimpanan.
BAB V
PENUTUP
Setelah siswa dinyatakan kompeten untuk unit kompetensi ini, siswa diperkenan untuk mempelajari modul berikutnya dengan konsultasi pada guru pembimbing. Sebagai bahan pertimbangan dalam uji kompetensi yang mengacu pada hasil evaluasi siswa pada unit kompetensi “menyiapkan kamar tamu”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar