Kamis, 24 Desember 2009

RPP Menyiapkan Kamar Tamu




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Menata perlengkapan trolley
Indikator :
  • Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pelayanan kamar dipilih secara benar dan disiapkan untuk digunakan.
  • Persediaan untuk trolley diidentifikasi secara teliti dan dipilih dalam jumlah yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Persediaan yang memadai dimuat dengan aman pada trolley sesuai dengan prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menggunakan dan memilih perlengakapan yang dibutuhkan untuk pelayanan kamar.
  • Siswa dapat memilih dan mengidentifikasikan perlengkapan trolley sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Siswa dapat memuat persediaan trolley yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.

B. MATERI POKOK
  • Room attendant trolley dan komponennya.
  • Perlengkapan yang ditata dalam trolley.
  • Teknik penataan perlengakapan pada trolley.

C. URAIAN MATERI
  • Teliti dalam menyiapkan jenis dan jumlah bahan, alat pembersih dan linen yang diperlukan.
  • Rapih an tepat dalam menempatkan perlengkapan pada trolley.
  • Hati-hati dalam menempatkan bahan, alat pembersih dan linen pada trolley.
  • Mendorong trolley dengan hati-hati.
  • Memahami komponen trolley.
  • Memahami prosedur pembersihan trolley.
  • Mengidentifikasikan fungsi susunan rak yang ada pada trolley.
  • Mengkelompokkan jenis dan jumlah bahan, alat pembersih dan linen yang ditata dalam trolley.
  • Menjelaskan penataan perlengkapan pada trolley dengan alasannya.
  • Mengetahui keamanan dalam membawa trolley yang sudah diisi.
  • Memahami prosedur mendorong trolley.
  • Mengenal komponen trolley.
  • Membersihkan trolley.
  • Memilih dan menyiapkan trolley dengan memeriksa peralatannya.
  • Menata bahan, alat pembersih dan linen dalam trolley.
  • Mendorong trolley.

D. PENDEKATAN
  • Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
  • Ceramah
  • Demontrasi
  • Diskusi Kelompok
  • Roll Play
  • Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang Room Attendant Trolley dan komponennya serta bagaimana teknik penataan untuk menata barang-barang kebutuhan perlengkapan kamar dan peralatan kebersihan serta bahan pembersihnya..
b. Motivasi
Teknik menata untuk room attendant trolley adalah sangat penting karena akan memudahkan kita dalam bekerja sehingga apa yang kita kerjakan menjadi baik dan benar.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek dan jumlah room attendant trolley.
b. Guru menerangkan bagian-bagian atau komponen dari room attendant trolley.
c. Guru menerangkan fungsi dari bagian atau komponen dari room attendant trolley.
d. Guru menjelaskan proses atau cara untuk membersihkan atau men-dusting room attendany trolley.
e. Guru menjelaskan cara menata guest supplies, bahan pembersih, linen dan alat pembersih dalam room attendant trolley.
f. Guru memberitahukan nama-nama guest supplies, cleaning agents, linen dan cleaning equipments yang berada dalam room attendant trolley.
g. Setiap kelompok satu persatu dipersilahkan maju untuk menjelaskan dari bagian atau fungsi dari trolley serta menyebutkan kegunaan guest supplies, bahan pembersih, alat pembersih dan linen yang berada dalam trolley kemudian mencoba membersihkan dan menata trolley tersebut.
h. Guru menerangkan dan memberi contoh cara mendorong trolley yang baik.
i. Setiap siswa mencoba mendorong trolley dalam keadaan kosong.
j. Setiap siswa mencoba mendorong trolley dalam keadaan terisi bahan dan perlengakapan kamar.
3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis Power Point
• Room attendant trolley.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Akses ke kamar untuk pelayanan
Indikator :
  • Kamar yang membutuhkan pelayanan diidentifikasi secara benar dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping.
  • Masuk ke kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat mengidentifikasi secara benar kamar yang membutuhkan pelayanan dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping.
• Siswa dapat masuk ke kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan.

B. MATERI POKOK
• Laporan status kamar.
• Keamanan dalam penggunaan kunci.

C. URAIAN MATERI
• Memasuki kamar dengan sopan (sambil mengucapkan salam / greeting)
• Hati-hati dalam mempergunakan dan menyimpan kunci kamar.
• Mengidentifikasi jenis-jenis kunci dan penggunaannya.
• Memahami prosedur penggunaan kunci.
• Memahami laporan status kamar.
• Memperhatikan etika dalam memasuki kamar tamu sesuai standar operasional prosedur.
• Memahami prosedur memasuki kamar tamu.
• Memasuki kamar untuk pelayanan sesuai dengan status kamar.
• Memasuki langkah awal dalam membersihkan kamar (first cheking)

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab
F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang laporan status kamar dan keamanan dalam penggunaan kunci serta bagaimana cara memasuki kamar tamu sesuai standar operasional prosedur juga prosedur penggunaan kunci kamar hotel.
b. Motivasi
Cara memasuki kamar tamu harus memperhatikan etika yang sesuai dengan standar operasional prosedur. Sebelum memasuki kamar wajib mengetuk pintu dan mengucapkan salam (greeting).

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek.
b. Guru menjelaskan jenis-jenis kunci dan cara penggunaannya.
c. Guru menerangkan mengenai jenis-jenis kamar dan status kamar (kode/simbol status kamar)
d. Guru menerangkan etika memasuki kamar tamu sesuai dengan standar operasional prosedur.
e. Guru menjelaskan dan mempraktekkan cara mengetuk pintu dan mengucapkan salam (greeting).
f. Guru menjelaskan kegunaan dan nama perlengkapan / perabot kamar tamu.
g. Setiap kelompok memperaktekkan cara mengetuk pintu dan cara mengucapkan salam (greeting).
h. Setiap kelompok menyebutkan kegunaan dan nama perlengkapan / perabot kamar tamu.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis Power Point
• Contoh simbol status kamar
• Kunci kamar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Membereskan tempat tidur
Indikator :
  • Tempat tidur dibersihkan, pillow dan linen diperiksa kalau ada noda dan kerusakan.
  • Noda dihilangkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Seprei tempat tidur diganti sesuai dengan standard prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat memeriksa dan membersihkan tempat tidur, pillow dan linen kalau ada noda dan kerusakan.
  • Siswa dapat menghilangkan noda sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Siswa dapat mengganti seprei tempat tidur diganti sesuai dengan standar perusahaan.

B. MATERI POKOK
  • Prosedur stripping bed.
  • Prosedur menata tempat tidur.

C. URAIAN MATERI
• Hati-hati bila menarik mattras pada saat akan menata tempat tidur.
• Teliti dalam menggunakan linen tempat tidur dari noda kerusakan.
• Mengidentifikasi bagian-bagian tempat tidur, jenis dan ukuran tempat tidur, jenis dan ukuran linen.
• Memahami prosedur stripping bed.
• Memahami prosedur merapikan tempat tidur.
• Melakukan stripping bed.
• Menangani linen kotor dan bersih.
• Mengidentifikasi noda linen tempat tidur.
• Menata tempat tidur sesuai dengan standar prosedur yang telah ditentukan.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab
F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang proses membersihkan dan menata tempat tidur. Proses tersebut harus dikerjakan berdasarkan urutan bagaimana menata tempat tidur agar nyaman dipergunakan oleh tamu.
b. Motivasi
Cara menata tempat tidur harus memperhatikan standar operasional prosedur sehingga saat menata tempat tidur lebih bersih dan lebih baik.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek dan jumlah tempat tidur (bed).
b. Guru menerangkan nama-nama bagian dari tempat tidur (bed)
c. Guru memberikan contoh dan menerangkan cara menarik mattras yang benar.
d. Guru memberikan contoh dan menerangkan prosedur stripping bed (menarik sheet/sprei dari tempat tidur).
e. Guru menerangkan cara mengidentifikasi noda yang ada pada linen tempat tidur.
f. Guru memberikan contoh dan menerangkan cara menata tempat tidur (prosedur making bed).
g. Setiap kelompok satu persatu dipersilahkan untuk menerangkan nama-nama bagian dari tempat tidur)
h. Setiap kelompok satu persatu mencoba untuk menarik mattras dengan benar.
i. Setiap kelompok satu persatu mencoba mengidentifikasi noda yang ada pada linen tempat tidur.
j. Setiap kelompok satu persatu mencoba untuk melakukan prosedur stripping bed.
k. Setiap kelompok satu persatu mencoba untuk menata tempat tidur (making bed).

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis power point
• Bed, linen, blanket, pillow dll
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Membersihkan dan merapikan kamar
Indikator : • Kamar dibersihkan dengan susunan yang benar diatur agar tidak menggangu tamu.
• Seluruh perabotan dan perlengkapan dibersihkan dan diperiksa sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/keselamatan.
• Seluruh barang-barang ditata kembali sesuai dengan standar perusahan.
• Persediaan kamar diperiksa, diganti sesuai dengan standar perusahaan.
• Rayap/hama diidentifikasi secepatnya dan tindakan yang tepat diambil sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
• Kamar diperiksa jika ada kerusakan dan seluruh kerusakan dilaporkan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Barang-barang yang rusak dicatat sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Barang-barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan secepatnya dilaporkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Barang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong dikumpulkan dan disimpan sesuai prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat membersihkan kamar harus sesuai dengan susunan dan prosedur yang benar agar tidak menggaggu tamu.
• Siswa dapat membersihkan perabot dan perlengkapan kamar harus sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/keselamatan.
• Siswa dapat menata barang-barang kamar harus sesuai dengan standar perusahaan.
• Siswa dapat memeriksa persediaan kamar dan mengganti sesuai dengan standar perusahaan.
• Siswa dapat mengidentifikasi rayap/hama secepatnya dan mengambil tindakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
• Siswa dapat memeriksa dan melaporkan jika ada kerusakan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Siswa dapat mencatat barang-barang yang rusak sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Siswa dapat melaporkan secepatnya barang-barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan sesuai dengan standar perusahaan.
• Siswa dapat mengumpulkan dan menyimpan barang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong sesuai dengan prosedur perusahaan.

B. MATERI POKOK
• Teknik dan prosedur membersihkan serta merapikan kamar.

C. URAIAN MATERI
• Bekerja sesuai SOP.
• Jujur dalam menyikapi barang bawaan tamu yang ada di dalam kamar.
• Teliti dalam melakukan pembersihan kamar.
• Bekerja dengan mempergunakan alat pelindung keamanan dan kesehatan.
• Hati-hati dalam menggunakan alat dan bahan pembersih.
• Mempergunakan waktu dengan efektif dalam membersihkan kamar.
• Tidak menggunakan fasilitas kamar dan barang-barang milik tamu untuk kepentingan pribadi.
• Mengetahui jenis dan bentuk dari fasilitas dan perlengkapan kamar.
• Memahami teknik dan prosedur penggunaan bahan dan alat pembersih.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan kamar mandi.
• Memahami teknik dan prosedur pembersihan kamar tidur.
• Mengetahu teknik dan prosedur pemberantasan hama / binatang pengerat dan melaporkan permasalahan.
• Mengerti prosedur penanganan kerusakan fasilitas dan kelegkapan kamar.
• Menyebutkan jenis dan fungsi guest supplies.
• Mejelaskan cara menata dan melengkapi linen dan guest supplies.
• Memahami pengetahuan tentang kondisi alat yang akan dipergunakan.
• Menjelaskan prosedur penanganan kehilangan dan penemuan barang tamu.
• Mengidentifikasikan barang-barang yang mencurigakan seperti : bom, narkoba senjata tajam dll.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang proses membersihkan dan merapihkan kamar tidur. Proses tersebut harus dikerjakan berdasarkan urutan bagaimana membersihkan dan merapihkan tempat tidur agar nyaman dipergunakan oleh tamu.
b. Motivasi
Cara membersihkan dan merapihkan kamar memperhatikan standar operasional prosedur agar terlihat lebih bersih dan rapih. Dalam pelaksanaan membersihkan kamar seorang room attendant harus memiliki jiwa kejujuran.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek.
b. Guru menerangkan proses membersihkan dan merapikan kamar harus dimulai searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam atau sesuai dengan standar operasional perusahaan.
c. Guru memberikan contoh proses membersihkan dan merapikan kamar dengan cara men-dusting semua perlengkapan kamar.
d. Guru menerangkan untuk keamanan dan kesehatan saat menggunkan bahan pembersih wajib menggunakan alat pelindung.
e. Guru menerangkan saat membersihkan kamar agar tidak menggunakan fasilitas kamar atau barang milik tamu.
f. Guru menjelaskan bagaimana cara membersihkan kamar mandi (bathroom).
g. Guru menerangkan bila terdapat kerusakan fasilitas dan perlengkapan kamar harus segera melaporkan pada supervisor anda.
h. Guru menjelaskan jenis dan fungsi dari guest supplies serta cara menata dan melengkapi linen dan guest supplies.
i. Guru menjelaskan pada siswa agar dapat menggunakan alat kebersihan dengan tepat.
j. Guru menerangkan bagaimana bila kita menemukan benda-benda yang mencurigakan dan menemukan barang tamu yang hilang.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran menggunakan power point
• Perlengkapan kamar tamu, alat kebersihan, alat pelindung dll


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Membersihkan dan menyimpan trolley serta perlengkapan
Indikator : • Trolley dan perlengkapan dibersihkan setelah digunakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
• Seluruh barang-barang disimpan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Persediaan diperiksa dan barang-barang diganti atau ditata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Membersihkan trolley dan perlengakapan yang telah digunakan sesuai prosedur keselamatan perusahaan.
• Menyimpan seluruh barang-barang secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Memeriksa persediaan barang-barang atau mengganti barang-barang yang telah rusak/habis serta menata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan.

B. MATERI POKOK
• Pembersihan atau penyimpanan bahan-bahan dan peralatan pembersih.
• Pengisian dan pencatatan persediaan

C. URAIAN MATERI
• Hati-hati dan cermat dalam mengganti penyimpanan bahan dan alat pembersih.
• Teliti dalam melakukan penyimpanan dan pengisian kembali trolley.
• Bekerja dengan mempergunakan alat pelindung keamanan dan kesehatan.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan dan penyimpanan trolley.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan dan penyimpanan bahan dan alat pembersih.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pengisian guest supplies dan perlengkapannya pada trolley.
• Membersihkan trolley.
• Menyimpan trolley dan peralatan pembersih yang dipergunakan.
• Melengkapi kembali isi trolley sesuai SOP.
• Mencatat guest supplies yang dipergunakan.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang proses membersihkan dan menyimpan trolley serta perlengkapannya.
b. Motivasi
Cara membersihkan dan merapihkan kamar memperhatikan standar operasional prosedur agar terlihat lebih bersih dan rapih.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok disesuaikan dengan jumlah trolley yang ada.
b. Guru menghimbau kepada semua siswa agar berhati-hati dalam menangani bahan kimia dan alat pembersih.
c. Guru menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan dan penyimpanan trolley.
d. Guru menjelaskan teknik dan prosedur pengisian guest supplies dan perlengkapannya pada trolley.
e. Guru menjelaskan cara mencatat guest supplies yang telah dipergunakan dan dicatat pada roon attendant control sheet.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
  • Laptop.
  • Infocus.
  • Media pembelajaran menggunakan power point.
  • • Trolley, guest supplies, bahan dan alat pembersih.

5 komentar: