Jumat, 25 Desember 2009

RPP Menyediakan Layanani Porter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyediakan layanan porter
Kompetensi Dasar : Menangani kedatangan dan keberangkatan tamu
Indikator : • Kedatangan harian yang ditunggu ditinjau dan tamu-tamu tertentu atau pergerakan tamu-tamu utama dicatat dan direncanakan.
• Tamu-tamu disambut segera atas kedatangan di arahkan pada area yang tepat untuk registrasi.
• Tamu-tamu dibantu dengan barang-barang bawaan sesuai dengan prosedur perusahaan dan persyaratan keselamatan.
• Tamu-tamu dikawal ke kamar dimana cir-ciri perusahaan / kamar yang tepat diperlihatkan dan diterangkan secara sopan.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Menunggu kedatangan tamu-tamu tertentu atau mencatat pergerakan tamu-tamu yang direncanakan.
• Menyambut kedatangan tamu-tamu dengan segera dan mengarahkan pada tempat yang tepat untuk registrasi.
• Membantu barang bawaan tamu dengan prosedur perusahaan dan persyaratan keselamatan.
• Mengawal tamu-tamu untuk menuju ke kamar dengan memperlihatkan ciri perusahaan atau kamar dan menerangkan secara sopan.

B. MATERI POKOK
• Peran porter dan layanan bell desk.
• Mempersiapkan kedatangan tamu yang diharapkan tiba.
• Menyambut tamu.
• Menandai / menyeleksi barang bawaan tamu.
• Mengantar tamu
• Mengantarkan barang sesuai nama dan nomor ruangan / kamar.

C. URAIAN MATERI
• Cekatan atau sigap dalam menangani kedatangan dan keberangkatan tamu.
• Rapih bersih dalam berpakaian.
• Kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas.
• Sopan dan ramah dalam menangani tamu yang tiba dan berangkat.
• Teliti dan jujur dalam menangani barang bawaan tamu.
• Menjelaskan pernan porter.
• Memahami format-format kerja yang digunakan di porter.
• Menguraikan layanan belldesk.
• Memahami tata cara menyambut tamu.
• Memahami tata cara mengantar tamu.
• Memahami penanganan barang-barang tamu.
• Memerinci tata cara menyeleksi barang bawaan tamu.
• Melakukan persiapan kedatangan tamu.
• Membuat lembar informasi.
• Memberikan layanan belldesk.
• Mengantar tamu.
• Menyeleksi barang bawaan tamu.
• Mengantar barang bawaan tamu sesuai dengan nama, nomor, ruangan, dan kamar.
• Menjelaskan tata cara mengantar barang bawaan tamu sesuai nama, nomor, ruangan dan kamar.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang layanan porter. Pada dasarnya layanan porter adalah memberikan layanan kepada tamu dalam penanganan barang bawaan tamu agar tamu merasa nyaman ketika tiba dan berangkat.
b. Motivasi
Tata cara penanganan barang bawaan tamu harus menjadi perhatian karena dengan memberikan layanan terbaik kepada tamu akan berakibat tamu merasa nyaman dan dihargai sehingga secara tidak langsung akan menjadikan hotel tersebut menjadi yang terbaik.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah barang bawaan tamu atau tas tamu.
b. Guru menerangkan bahwa seorang porter harus cekatan atau sigap dalam menangani kedatangan dan keberangkatan tamu, rapih, bersih dalam berpakaian, kreatif/inovatif dalam menjalankan tugas, sopan dan ramah dalam menangani tamu yang tiba dan berangkat, teliti dan jujur dalam menangani barang bawaan tamu.
c. Guru menjelaskan peranan seorang porter dan format atau formulir yang digunakan oleh porter.
d. Guru menerangkan dan memberikan contoh tentang tata cara menyambut tamu, tata cara mengantar tamu, dan tata cara menyeleksi barang bawaan tamu.
e. Guru menjelaskan cara menangani baran bawaan tamu dengan menyebutkan jenis atau nama-nama barang bawaan tamu (luggage).
f. Guru menjelaskan tentang layanan belldesk.
g. Guru memberi contoh bagaimana mengantar barang bawaan tamu sesuai dengan nama atau nomor kamar.
h. Tiap kelompok satu persatu siswa menjelaskan tugas-tugas seorang porter.
i. Siswa mencoba menjelaskan atau mengisi format atau formulir yang digunakan oleh porter.
j. Tiap kelompok satu persatu mencoba menyeleksi barang bawaan tamu dengan menggunakan luggage tag yang disesuaikan dengan nama dan nomor kamar.
k. Tiap kelompok satu persatu mencoba melakukan persiapan kedatangan tamu dengan membuat lembar informasi kedatangan tamu.
l. Tiap kelompok satu persatu siswa mencoba menjelaskan tata cara mengantar barang bawaan tamu sesuai dengan nama dan nomor kamar.
m. Tiap kelompok satu persatu siswa mencoba mempraktekkan cara membawa barang bawaan tamu sesuai dengan nama dan nomor kamar.
3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis Power Point
• Luggage, formulir porter dan luggage cart


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyediakan layanan porter
Kompetensi Dasar : Menangani barang-barang bawaan tamu
Indikator : • Barang-barang bawaan tamu diambil dan diangkut dengan aman serta dibawa ke tempat yang tepat dalam waktu yang tepat.
• Sistem penyimpanan barang bawaan dioperasikan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan dan persyaratan keamanan.
• Barang-barang bawaan ditandai secara teliti dan disimpan untuk memudahkan pada saat kedatangan.
• Barang-barang bawaan ditempatkan secara benar dalam sistem penyimpanan.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Mengambil dan mengangkut barang bawaan tamu ke tempat yang aman dan tepat.
• Mengoperasikan system penyimpanan barang bawaan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan dan persyaratan keamanan.
• Menandai barang bawaan tamu secara teliti dan disimpan untuk memudahkan pada saat kedatangan.
• Menempatkan barang-barang bawaan tamu secara benar dalam sistem penyimpanan.

B. MATERI POKOK
• Pengantaran barang tamu ke kamar.
• Pemberian tanda dan penyimpanan barang.
• Pemberian tanda pada barang.
• Penentuan lokasi penyimpanan barang.

C. URAIAN MATERI
• Sopan dan ramah dalam mengantar tamu.
• Teliti dalam menangani barang bawaan tamu.
• Jujur dalam menjalankan tugas.
• Memahami prosedur mengantar tamu dan barang bawaan ke kamar.
• Memahami prosedur menangani barang bawaan tamu.
• Memahami prosedur penyimpanan barang tamu (kartu claim barang, buku catatan dan ruang penyimpanan barang).
• Melakukan penanganan barang bawaan tamu.
• Memproses penyimpanan barang tamu dan mengisi katu claim barang, buku catatan.
D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab
F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang bagaimana cara menangani barang-barang bawaan tamu.
b. Motivasi
Dalam penanganan barang bawaan tamu diharuskan mempunyai jiwa jujur dan teliti dalam memberikan nama atau nomor kamar pada barang bawaan tamu.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah luggage atau barang-barang bawaan tamu.
b. Guru menjelaskan bagaimana prosedur mengantar tamu dan barang bawaan tamu.
c. Guru menjelaskan bagaimana menangani prosedur penyimpanan barang tamu dengan menggunakan kartu claim, buku catatan dan ruang penyimpanan barang.
d. Guru memberikan contoh bagaimana cara mengantar tamu dan barang bawaan tamu.
e. Tiap kelompok satu persatu siswa mencoba menjelaskan prosedur mengantar tamu, menangani penyimpanan barang tamu menggunakan kartu clain, buku catatan dan ruang penyimpanan barang.
f. Tiap kelompok satu persatu siswa mencoba untuk mengantar tamu dan barang bawaan tamu.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis Power Point
• Baggage claim check
• Luggage tag
• Luggage cart


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyediakan layanan porter
Kompetensi Dasar : Merespon permintaan atas layanan belldesk
Indikator : • Layanan belldesk disediakan segera sesuai dengan persyaratan keselamatan dan keamanan perusahaan.
• Penghubung dengan kolega di departemen lain dilakukan dimana perlu untuk memastikan respon yang efektif atas permintaan belldesk.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Menyediakan layanan belldesk sesuai dengan persyaratan keselamatan dan keamanan perusahaan.
• Melakukan hubungan dengan kolega di departemen lain agar mempunyai respon yang efektif atas permintaan belldesk.

B. MATERI POKOK
• Tanggapan permintaan pelayanan belldesk.
• Hubungan porter di departemen lain di hotel.
• Inside dan ouside information.

C. URAIAN MATERI
• Sopan dan ramah dalam menangani permintaan tamu.
• Teliti dan akurat menangani permintaan tamu.
• Memahami prosedur menangani permintaan terhadap belldesk.
• Menjelaskan etika berkomunikasi antar departemen.
• Menangani permintaan terhadap layanan belldesk.
• Melakukan hubungan antar departemen.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab



F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang bagaimana merespon permintaan atas layanan belldesk
b. Motivasi
Dalam menangani layanan belldesk diperlukan ketelitian untuk menghindari kesalahan dalam memberikan tanda pada barang bawaan tamu.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah barang bawaan tamu dan ruang penyimpanan barang bawaan tamu.
b. Guru menerangkan cara menangani permintaan tamu dengan sopan
c. Guru mengingatkan sebelum menangani permintaan tamu harus teliti dan akurat dalam menangani pemintaan tamu
d. Guru menjelskan bagaimana prosedur menangani permintaan belldesk
e. Guru menerangkan dalam berkomunikasi dengan tamu harus mempunyai etika berkomunikasi agar tamu merasa dihargai
f. Guru menjelaskan seorang porter harus dapat berhubungan dengan baik dengan seluruh departemen yang ada di hotel
g. Siswa mencoba mempraktekkan apa yang diajarkan oleh guru

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis power point
• Bed, linen, blanket, pillow dll

Layanan Porter




MENANGANI KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN TAMU

A. Persiapan
Sebelum memulai pekerjaan pada awal shift, setiap porter (bellboy) harus melakukan persiapan meliputi :
1. Membaca Log Book untuk menindak lanjuti pekerjaan shift sebelumnya. Log Book adalah buku catatan kejadian yang telah dicatat oleh shift sebelumnya.

2. Membaca daftar tamu tiba dan berangkat (Today’s Arrival List, Today’s Departure List, Group List and VIP List)

3. Memeriksa Luggage Trolley (Luggage cart) yang akan digunakan dalam bekerja. Luggage Trolley (Luggage cart) adalah kereta barang yang digunakan oleh Porter (bellboy) untuk membawa barang bawaan tamu.

4. Mengikuti intruksi-intruksi khusus.

5. Melakukan koordinasi dengan departemen lain.

6. Persiapan material dan supplai.

Setelah anda membaca loog book dan menindaklanjuti pekerjaan shift sebelumnya maka anda harus meneliti daftar kedatangan tamu yang diharapkan merupakan data yang sangat bermanfaat karena mengandung informasi yang terinci mengenai tamu-tamu yang akan menginap.

Porter (Bellboy) merupakan orang pertama atau orang kedua yang mereka temui pada saat masuk ke dalam suatu hotel. Oleh karena itu anda sebagai seorang porter (Bellboy) harus mengingat pentingnya kesan pertama. Pelayanan dan tindakan-tindakan porter (Bellboy) dapat mempengaruhi sikap para tamu. Layanan yang buruk dapat mengakibatkan tamu mempunyai kesan yang negatif mengenai para staff dan hotel itu sendiri, sehingga tamu tidak akan menikmati suasana yang nyaman selama menginap. Seorang porter (Bellboy) dapat membuat tamu merasa puas dan senang tinggal di hotel.

Cek kebersihan diri anda, apakah anda sudah :
1. Mandi teratur setiap hari
2. Memelihara tubuh agar tetap bugar
3. Tidak bau badan dan mulut

Ruang lingkup dan tanggung jawab bagian Uniform Service (Porter service) adalah :
1. Menerima tamu tiba di Main Entrance
2. Menangani barang bawaan tamu
3. Mengantar tamu ke kamar dan menjelaskan fasilitas kamar
4. Paging Service
5. Penitipan barang sementara milik tamu
6. Mengatur lalu lintas di pintu masuk
7. Mengatur parkir kendaraan tamu
8. Memberikan informasi fasilitas hotel dan fasilitas di luar hotel
9. Tugas-tugas suruhan seperti, wake up call, mengantar surat, surat kabar dan pesan ke kamar tamu
10. Mengorganisasikan informasi yang dibutuhkan tamu
11. Menyediakan informasi yang dibutuhkan tamu
12. Memelihara tempat penyimpanan barang
13. Mendistribusikan Koran, pesan-pesan dan dokumen antar departement
Dari uraian rincian tugas tersebut anda harus memperhatikan untuk keamanan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa jenis barang (luggage) yang biasa dibawa oleh tamu yang menginap di hotel yaitu :
1. Traveling Bag
Barang bawaan berupa tas jinjing dengan tali yang panjang.

2. Brief Case
Tas yang biasanya digunakan untuk membawa dokumen-dokumen penting.

3. Trunk
Kopor yang berukuran besar baik yang beroda maupun tidak beroda.

4. Shoulder Pack / Haversack
Tas berbentuk koper lipat

5. Camera Case
Tas yang berukuran sedang atau kecil untuk membawa kamera atau handycamp.

6. Golf Bag
Tas yang digunakan untuk membawa golf stick.

7. Vanity / Beauty Case / Cosmetic Case
Tas / kotak yang digunakan untuk menyimpan peralatan cosmetic.

8. Garment / Valet / Suit Bag
Tas untuk membawa jas

9. Hat Box
Kotak untuk membawa topi, biasanya untuk aneka topi yang digunakan oleh wanita

10. Suite Case
Kopor pakaian yang terbuat dari metal, kain atau plastik dengan roda pegangan yang bisa ditarik.

11. Val Pack / Val Case
Tas yang berbentuk ransel yang biasanya dibawa di punggung.

Barang-barang bawaan diatas memiliki teknik tertentu untuk membawanya secara aman. Jika barang-barang tersebut sangat berat anda harus memperhatikan agar dapat dibawanya secara aman.

B. Menyambut tamu
Ketika anda sudah mengetahui tamu-tamu yang akan tiba maka anda harus mempersiapkan diri untuk menyambut tamu dengan :
• Memnyambut dan memberikan respon secepatnya pada tamu yang baru tiba.
• Menyapa tamu dengan menyebut namanya jika memungkinkan.
• Melakukan kontak mata dan tunjukan ekspresi yang positif.
• Menyapa tamu-tamu dengan senyum yang ramah dan sopan.
• Memperlakukan semua tamu sebagai individu-individu.
• Menunjukan kepada tamu bahwa mereka adalah orang-orang penting dengan cara segera memberikan perhatian dan menawarkan bantuan.
• Memperhatikan barang-barang bawaan mereka dengan sebaik-baiknya.


Jika tamu tersebut datang dengan mobil, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
• Saat mobil memasuki Main Entrance, buka pintu mobil dan berikan salam selamat datang.

• Pada saat tamu turun berikan peringatan agar hati-hati.

• Tanyakan apakah tamu membawa barang atau tidak, bila tamu membawa barang turunkan barang dari bagasi mobil.

• Periksa mobil sekali lagi untuk meyakinkan barang tamu tidak ada yang tertinggal.

• Catat nomor plat mobil, kam tamu tiba dan jumlah barang bawaannya pada Bellboy Errand Card.

• Minta tamu untuk mengecek kondisi dan jumlah barang bawaannya.

• Persilahkan tamu menuju meja pendaftaran

• Angkat barang dengan luggage trolley dan bawa ke lobby area.



Contoh formulir Bellboy Errand Card


BELLBOY ERRAND CARD


Arrival

Departure

Room Change


Car No :

Time In : Out :

Arrival date :

Depart date :

Bellboy No :

Initial :

Room No :

Guest Name :
No. of Pieces of Luggage : …………
Description
…… Trunk …… Vaal Pack
…… Suite Case …… Haversack
…… Cosmetic Case …… Camera Case
…… Golf Bag …… Suit Bag
…… Hat Box …… Others


Front Office Cashier

Bellboy Signature

Menandai barang bawaan tamu :
• Identifikasi nama tamu dan nomor kamar pada daftar kedatangan atau dengarkan pada saat proses pendaftaran.
• Isi label tas (Luggage Tag) dengan nama tamu dan nomor kamarnya.
• Gantungkan label tas pada barang-barang tamu dengan baik.
• Jika perlu tempelkan stiker hotel pada barang tamu.

Contoh Luggage Tag

Mengantar tamu dan barang bawaannya ke kamar
• Beri salam pada tamu dan tanyakan apakah tamu siap untuk diantar ke kamar.
• Pastikan dokumen-dokumen dan kunci kamar tamu telah benar.
• Arahkan tamu ke lift dan informasikan bahwa anda akan segera mengantar barang-barang mereka.Berikan petunjuk untuk mencari/menemukan kamar tamu.
• Masuk ke kamar tamu.
• Tempatkan barang bawaan tamu sesuai dengan jenis barangnya atau tanyakan pada tamu dimana barangnya ingin ditempatkan.
• Jelaskan fasilitas kamar dan pelayanan yang disediakan hotel.
• Tawarkan bantuan untuk melayani permintaan khusus tamu.
• Beri salam pada saat meninggalkan tamu.

• Perhatikan tanda-tanda/label khusus pada barang.
• Perhatikan aturan menempatkan dan menumpuk barang.
• Ambil sikap tubuh yang tepat pada saat mengankat/mendorong.
• Minta bantuan bila diperlukan.
• Hati-hati barang pecah belah.
• Laporkan bila ada barang-barang yang mencurigakan.

Mengantar tamu bersama-sama dengan barang bawaannya.
• Bila tamu telah selesai mendaftar, tanyakan apakah tamu sudah siap untuk diantar ke kamar.
• Pastikan kartu tamu dan kunci kamar telah diberikan kepada tamu, bila belum minta pada Receptionist.
• Antar tamu dengan menunjukan arah ke kiri atau ke kanan sampai di depan lift. Bukakan pintu lift, persilahkan tamu masuk dan tekan tombol lantai berapa kamar tamu berada. Katakan anda akan menemui tamu pada lantai berikutnya.

Dikamar Tamu
• Persilahkan tamu masuk ke kamar.
• Buka tirai kamar, hidupkan AC, cek semua kelengkapan kamar untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.
• Ambil barang bawaab tamu dari trolley dan tempatkan pada tempatnya atau tanyakan pada tamu dimana tamu ingin barangnya disimpan.
• Mintalah ijin pada tamu untuk menjelaskan fasilitas kamar terutama untuk tamu-tamu yang baru pertama kali check-in di hotel anda dan cara penggunaannya. Misalnya AC, TV, minibar, penggunaan air panas dan air dingin. Usahakan menjelaskan searah jarum jam dan berurutan.
• Jelaskan tentang layanan-layanan hotel seperti laundry, restoran, bar dll.
• Tanyakan apakah tamu mempunyai permintaan khusus yang dapat anda Bantu.
• Sebelum meninggalkan kamar, yakinkan tamu puas dengan penjelasan anda.
• Ucapkan terimakasih kepada tamu.
• Berikan sapaan pada saat meninggalkan kamr tamu, kemudian tutup pintu perlahan-lahan.
• Lengkapi Bellboy Errand card dengan waktu terakhir menyelesaikan pekerjaan.
• Serahkan Bellboy Errand Card kepada Bell Captain.

• Sedapat mungkin selalu berkomunikasi dengan tamu pada saat mengantar.
• Informasikan even-even yang ada di hotel yang bisa dinikmati tamu.

Mengantar Barang Bawaan Tidak Bersama Tamu.
• Ketuk pintu kamar sambil menyebutkan “Porter / Bellboy…..please” 3x.
• Parkir trolley di tempat yang aman dan tidak menggangu.
• Buka pintu perlahan-lahan, perhatikan kondisi kamar sepintas untuk memastikan status kamar Vacant ready, buka tirai kamar, periksa semua kelengkapan dan hidupkan AC dengan suhu standar 200 atau sesuai dengan peraturan perusahaan.
• Pasang Key Card pada power shocket, bila masih menggunakan kunci manual taruh kunci diatas meja jika tamunya tidak ada dikamar.
• Tempatkan semua barang pada tempatnya.
• Bila tamu ada di kamar, tunggu samapai tamu membukakan pintu dan mempersilahkan masuk.

Di Lobby Area
• Tempatkan barang di tempat yang man dan mudah di awasi.
• Pasang Luggage Tag pada setiap barang dan tulis nama dan nomor kamar tamu

Dimana barang seharusnya ditempatkan ???
• Luggage Rack untuk menyimpan trunk, suite case, haversack, traveling bag, golf bag. (semua barang bias ditempatkan di luggage rack)
• Dressing Table untuk menyimpan camera case, hat box, brief case, cosmetic case.
• Washbasin Table untuk menyimpan hand bag, cosmetic case.
• Wardrobe untuk menyimpan garment bag.

• Tanya tamu dimana barangnya ingin diletakan.
• Susun barang-barang sehingga tamu dapat dengan mudah membukanya.
• Pastikan bahwa barang-barang aman dan tidak jatuh.

Menindak lanjuti permintaan khusus
• Hubungi departemen yang terkait.
• Berikan petunjuk dan detail yang lengkap.

MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU

Prosedur Menangani Tamu Berangkat
• Tamu menginformasikan untuk check-out ke Bell Desk atau Front Office Chasier atau Receptionist dan minta dikirim seseorang untuk membantu menurunkan barang. Tanyakan nama tamu dan nomor kamarnya, jam berapa tamu akan check-out.
• Porter mengambil Bellboy Errand card, membawa trolley dan menuju ke kamar tamu. Tuliskan nama tamu, nomor kamar dan jam kegiatan dimulai.
• Ketuk pintu kamar tamu dan sebutkan “Porter/bellboy …. Please” 3x.
• Bila tamu ada dikamar, tunggu hingga pintu dibuka tamu. Tanyakan apakah tamu siap untuk berangkat, tawarkan untuk membantu mengepak barang (bila belum di pak).
• Beritahu tamu, anda akan membantu mengecek barang-barang tamu bila ada yang tertinggal. (manfaatkan waktu sambil mengecek fasilitas kamar jangan samapai ada yang terbawa tamu).
• Konfirmasikan jumlah barang kepada tamu dan persilahkan tamu untuk mengecek.
• Persilahkan tamu menuju ke lobby sementara anda akan menyusul dari belakang.
• Matikan semua lampu, TV dan AC. Keluarkan barang tamu dan tempatkan di luggage trolley.
• Tutup pintu perlahan, catat jenis dan jumlah barang pada bellboy errand card. Dorong trolley menuju lobby.
• Tempatkan trolley pada tempat yang aman. Segera ke Front Office Cashier untuk mengetahui pakah tamu telah menyelesaikan pembayaran atau belum. Bila tamu telah melakukan pembayaran, minta cap pada bellboy errand card dan kembalikan kunci ke Reception.
• Turunkan barang ke main entrance, persilahkan tamu untuk mengecek jumlah dan jenis barangnya.
• Masukan barang ke dalam bagasi mobil tamu/taxi. Catat nomor mobil dan jam selesai mengerjakan tugas.
• Ucapkan selamat jalan dan salam perpisahan kepada tamu.

Prosedur Penanganan Barang Tamu Pindah Kamar
• Permintaan pindah kamar disetujui Reception kemudian menghubungi belldesk.
• Chief Porter memerintahkan bellboy untuk memindahkan barang.
• Bellboy meminta Room Change slip dari Reception dan Bellboy errand card dari Bell Captain, beri tanda check list pada Room Change dan isi waktu dengan jam dimulai.
• Minta kunci kamar yang baru kepada receptionist. Bellboy menuju kamar tamu yang lama.
• Ketuk pintu dan sebutkan “Porter/bellboy … please” 3x.
• Bila ada tamu, tunggu tamu membukakan pintu. Tanyakan apakah tamu akan segera pindah ke kamar yang baru. Tawarkan bantuan untuk membantu mengepak barang bawaan tamu.
• Beri tahu tamu anda akan membantu mengecek kamar untuk memeriksa bila ada barang tamu yang tertinggal.
• Bila telah selesai, keluarkan barang tamu dan tempatkan di trolley dengan aman.
• Matikan semua lampu, TV, AC dan tutup pintu kamar.
• Antar tamu ke kamar yang baru.
• Ketuk pintu kamar sebutkan identitas “Porter/Bellboy….please” 3x.
• Buka pintu perlahan-lahan, pastikan status kamar Vacant ready. Masuk ke kamar, buka tirai, cek semua lampu, TV dan hidupkan AC.
• Persilahkan tamu masuk ke kamar.
• Masukan barang-barang bawaan tamu dan tempatkan pada tempat yang semestinya.
• Tawarkan untuk membantu membongkar barang bawaan tamu dan mengatur penempatannya.
• Bila sudah selesai mohon diri pada tamu dan tutup pintu kamar perlahan-lahan.
• Lengkapi bellboy errand card dan serahkan kunci kamar lama dan 1 lembar copy room change slip pada receptionist dan 1 lembar lainnya pada FOC.
• Serahkan Bellboy Errand Card dan Room Change slip kepada Bell Captain.

Prosedur Penanganan Barang Tamu Pindah Kamar Yang Tidak Disertai Tamu
• Membawa 2 orang saksi yaitu seorang hotel security dan seorang room attendant ke kamar yang lama.
• Periksa semua posisi/letak barang bawaan tamu jenisnya dengan disaksikan oleh saksi. Untuk Package Luggage tidak boleh dibongkar.
• Catat semua jenis barang dalam kamar dan penempatannya pada Bellboy Errand Card.
• Keluarkan semua barang dan tempatkan di trolley dengan disaksikan oleh saksi. Pastikan tidak ada satupun barang yang tertinggal.
• Lakukan final checking matikan semua lampu, TV, AC dan tutup pintu kamar.
• Pada kamar yang baru, tempatkan semua barang milik tamu pada posisi seperti pada kamar yang lama.
• Minta saksi untuk memeriksa kembali penempatan barang untuk meyakinkan penempatan apakah sudah sesuai dengan posisi pada kamar yang lama.
• Setelah selesai, mintalah saksi untuk menandatangani room change slip, kemudian tutup pintu kamar.
• Lengkapi bellboy errand card, serahkan kunci dan 1 lembar kopian room change slip kepada reception.
• Serahkan 1 kopian room change slip ke FOC.
• Serahkan bellboy errand card dan 1 lembar room change slip kepada Bell Captain.

Prosedur Penanganan Penitipan Barang
1. Penitipan Sementara
• Periksa kondisi dan hitung jumlah barang tamu.
• Beri label pada barang dan simpan di atas trolley/belldesk area sampai tamu mengambinya.
• Berikan Baggage Claim Check kepada tamu yang mengidentifikasi jenis dan jumlah setiap barang.
• Jika tamu menginginkan barangnya diambil, mintalah Baggage Calim Check dari tamu.
• Cocokkan nomor serinya dengan yang tertera pada barang, bila sesuai serahkan kepada tamu.

2. Penitipan Untuk jangka waktu Lama
• Hitung barang dan periksa kondisinya.
• Informasikan ke tamu bila ada kerusakan sebelum diterima untuk menghindari claim pada saat pengambilan.
• Informasikan batas waktu maksimal penitipan barang pada tamu.
• Beri label pada semua barang.
• Serahkan Baggage Claim Check pada tamu.
• Catat penerimaan dan penitipan barang pada Luggage Room Book.
• Simpan barang pada Luggage Room sesuai dengan tanggal penitipan.
• Saat tamu datang akan mengambil barang, mintalah Baggage Calaim Check.
• Cocokkan nomor seri baggage claim check dengan yang tertera pada Luggage room book.
• Keluarkan barang dan serahkan pada tamu.
• Mintalah tamu menandatangani Luggage room book sebagai bukti barang telah dikembalikan.


MENANGANI PERMINTAAN LAYANAN BELL DESK

Layanan-layanan yang diberikan bell desk yaitu :
• Surat
• Wake-up call
• Message
• Transportasi
• Paging service
• Informasi
• Parkir kendaraan tamu
• Antar jemput tamu dari airport ke hotel
• Layanan pemesanan tiket transportasi dll

Layanan yang diberikan porter service harus memperhatikan :
1. Standar layanan hotel
- Dengarkan apa yang diminta oleh tamu
- Segera memberikan jawaban
- Berikan pelayanan yang efisien dan cepat
- Jika perlu, sarankan layanan alternatif
- Konfirmasikan kembali semua permintaan tamu.
- Lakukan tindakan segera dan secara akurat.
- Jika perlu, koordinasikan dengan yang lain.
- Catat pelayanan-pelayanan yang perlu ditindaklanjuti.


2. Keamanan
- Mengawasi semua barang-barang milik tamu
- Catat semua tindakan yang berkaitan dengan pengawasan atas barang-barang milik tamu.
- Awasi semua gerakan orang-orang yang bukan tamu hotel

3. Keselamatan
- Pastikan bahwa para tamu tidak dalam resiko kecelakaan.
- Laporkan situasi-situasi yang mungkin berbahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan pada para tamu atau staf hotel.
- Gunakan prosedur-prosedur yang aman dalam menangani barang-barang yang berat.

Kerjasama Dengan Departemen lain
1. Kerjasama Poerter service dengan Housekeeping.
- Berikan informasi mengenai kedatangan tamu (HK melakukan pemeriksaan kamar)
- Memberikan informasi mengenai perpindahan kamar tamu (laundry, mini bar)
- Berikan informasi mengenai keberangkatan tamu (Porter memeriksa barang-barang miliki tamu).
- Berikan informasi mengenai permintaan kepada houdekeeping (extra bed, kelengkapan tambahan)
- Menyampaikan dokumen yang perlu ditindak lanjuti kepada departemen terkait, jika perlu.

2. Kerjasama Porter service dengan Food and Beverage.
- Berikan informasi mengenai kedatangan tamu (welcome drink)
- Memberikan informasi mengenai perpindahan kamar tamu (room service)
- Berikan informasi mengenai keberangkatan tamu (mini bar).
- Berikan informasi mengenai permintaan khusus.
- Kirimkan dokumen-dokumen yang perlu ditindaklajuti kepada departemen terkait.

3. Kerjasa Porter service dengan Departemen lain.
- Berikan informasi mengenai kedatangan tamu.
- Memberikan informasi mengenai perpindahan kamar tamu.
- Berikan informasi mengenai keberangkatan tamu
- Berikan informasi mengenai permintaan khusus.
- Kirimkan dokumen-dokumen yang perlu ditindaklajuti kepada departemen terkait.

Kamis, 24 Desember 2009

RPP Menyiapkan Kamar Tamu




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Menata perlengkapan trolley
Indikator :
  • Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pelayanan kamar dipilih secara benar dan disiapkan untuk digunakan.
  • Persediaan untuk trolley diidentifikasi secara teliti dan dipilih dalam jumlah yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Persediaan yang memadai dimuat dengan aman pada trolley sesuai dengan prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menggunakan dan memilih perlengakapan yang dibutuhkan untuk pelayanan kamar.
  • Siswa dapat memilih dan mengidentifikasikan perlengkapan trolley sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Siswa dapat memuat persediaan trolley yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.

B. MATERI POKOK
  • Room attendant trolley dan komponennya.
  • Perlengkapan yang ditata dalam trolley.
  • Teknik penataan perlengakapan pada trolley.

C. URAIAN MATERI
  • Teliti dalam menyiapkan jenis dan jumlah bahan, alat pembersih dan linen yang diperlukan.
  • Rapih an tepat dalam menempatkan perlengkapan pada trolley.
  • Hati-hati dalam menempatkan bahan, alat pembersih dan linen pada trolley.
  • Mendorong trolley dengan hati-hati.
  • Memahami komponen trolley.
  • Memahami prosedur pembersihan trolley.
  • Mengidentifikasikan fungsi susunan rak yang ada pada trolley.
  • Mengkelompokkan jenis dan jumlah bahan, alat pembersih dan linen yang ditata dalam trolley.
  • Menjelaskan penataan perlengkapan pada trolley dengan alasannya.
  • Mengetahui keamanan dalam membawa trolley yang sudah diisi.
  • Memahami prosedur mendorong trolley.
  • Mengenal komponen trolley.
  • Membersihkan trolley.
  • Memilih dan menyiapkan trolley dengan memeriksa peralatannya.
  • Menata bahan, alat pembersih dan linen dalam trolley.
  • Mendorong trolley.

D. PENDEKATAN
  • Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
  • Ceramah
  • Demontrasi
  • Diskusi Kelompok
  • Roll Play
  • Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang Room Attendant Trolley dan komponennya serta bagaimana teknik penataan untuk menata barang-barang kebutuhan perlengkapan kamar dan peralatan kebersihan serta bahan pembersihnya..
b. Motivasi
Teknik menata untuk room attendant trolley adalah sangat penting karena akan memudahkan kita dalam bekerja sehingga apa yang kita kerjakan menjadi baik dan benar.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek dan jumlah room attendant trolley.
b. Guru menerangkan bagian-bagian atau komponen dari room attendant trolley.
c. Guru menerangkan fungsi dari bagian atau komponen dari room attendant trolley.
d. Guru menjelaskan proses atau cara untuk membersihkan atau men-dusting room attendany trolley.
e. Guru menjelaskan cara menata guest supplies, bahan pembersih, linen dan alat pembersih dalam room attendant trolley.
f. Guru memberitahukan nama-nama guest supplies, cleaning agents, linen dan cleaning equipments yang berada dalam room attendant trolley.
g. Setiap kelompok satu persatu dipersilahkan maju untuk menjelaskan dari bagian atau fungsi dari trolley serta menyebutkan kegunaan guest supplies, bahan pembersih, alat pembersih dan linen yang berada dalam trolley kemudian mencoba membersihkan dan menata trolley tersebut.
h. Guru menerangkan dan memberi contoh cara mendorong trolley yang baik.
i. Setiap siswa mencoba mendorong trolley dalam keadaan kosong.
j. Setiap siswa mencoba mendorong trolley dalam keadaan terisi bahan dan perlengakapan kamar.
3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis Power Point
• Room attendant trolley.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Akses ke kamar untuk pelayanan
Indikator :
  • Kamar yang membutuhkan pelayanan diidentifikasi secara benar dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping.
  • Masuk ke kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat mengidentifikasi secara benar kamar yang membutuhkan pelayanan dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping.
• Siswa dapat masuk ke kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan.

B. MATERI POKOK
• Laporan status kamar.
• Keamanan dalam penggunaan kunci.

C. URAIAN MATERI
• Memasuki kamar dengan sopan (sambil mengucapkan salam / greeting)
• Hati-hati dalam mempergunakan dan menyimpan kunci kamar.
• Mengidentifikasi jenis-jenis kunci dan penggunaannya.
• Memahami prosedur penggunaan kunci.
• Memahami laporan status kamar.
• Memperhatikan etika dalam memasuki kamar tamu sesuai standar operasional prosedur.
• Memahami prosedur memasuki kamar tamu.
• Memasuki kamar untuk pelayanan sesuai dengan status kamar.
• Memasuki langkah awal dalam membersihkan kamar (first cheking)

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab
F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang laporan status kamar dan keamanan dalam penggunaan kunci serta bagaimana cara memasuki kamar tamu sesuai standar operasional prosedur juga prosedur penggunaan kunci kamar hotel.
b. Motivasi
Cara memasuki kamar tamu harus memperhatikan etika yang sesuai dengan standar operasional prosedur. Sebelum memasuki kamar wajib mengetuk pintu dan mengucapkan salam (greeting).

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek.
b. Guru menjelaskan jenis-jenis kunci dan cara penggunaannya.
c. Guru menerangkan mengenai jenis-jenis kamar dan status kamar (kode/simbol status kamar)
d. Guru menerangkan etika memasuki kamar tamu sesuai dengan standar operasional prosedur.
e. Guru menjelaskan dan mempraktekkan cara mengetuk pintu dan mengucapkan salam (greeting).
f. Guru menjelaskan kegunaan dan nama perlengkapan / perabot kamar tamu.
g. Setiap kelompok memperaktekkan cara mengetuk pintu dan cara mengucapkan salam (greeting).
h. Setiap kelompok menyebutkan kegunaan dan nama perlengkapan / perabot kamar tamu.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis Power Point
• Contoh simbol status kamar
• Kunci kamar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Membereskan tempat tidur
Indikator :
  • Tempat tidur dibersihkan, pillow dan linen diperiksa kalau ada noda dan kerusakan.
  • Noda dihilangkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Seprei tempat tidur diganti sesuai dengan standard prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat memeriksa dan membersihkan tempat tidur, pillow dan linen kalau ada noda dan kerusakan.
  • Siswa dapat menghilangkan noda sesuai dengan prosedur perusahaan.
  • Siswa dapat mengganti seprei tempat tidur diganti sesuai dengan standar perusahaan.

B. MATERI POKOK
  • Prosedur stripping bed.
  • Prosedur menata tempat tidur.

C. URAIAN MATERI
• Hati-hati bila menarik mattras pada saat akan menata tempat tidur.
• Teliti dalam menggunakan linen tempat tidur dari noda kerusakan.
• Mengidentifikasi bagian-bagian tempat tidur, jenis dan ukuran tempat tidur, jenis dan ukuran linen.
• Memahami prosedur stripping bed.
• Memahami prosedur merapikan tempat tidur.
• Melakukan stripping bed.
• Menangani linen kotor dan bersih.
• Mengidentifikasi noda linen tempat tidur.
• Menata tempat tidur sesuai dengan standar prosedur yang telah ditentukan.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab
F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang proses membersihkan dan menata tempat tidur. Proses tersebut harus dikerjakan berdasarkan urutan bagaimana menata tempat tidur agar nyaman dipergunakan oleh tamu.
b. Motivasi
Cara menata tempat tidur harus memperhatikan standar operasional prosedur sehingga saat menata tempat tidur lebih bersih dan lebih baik.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek dan jumlah tempat tidur (bed).
b. Guru menerangkan nama-nama bagian dari tempat tidur (bed)
c. Guru memberikan contoh dan menerangkan cara menarik mattras yang benar.
d. Guru memberikan contoh dan menerangkan prosedur stripping bed (menarik sheet/sprei dari tempat tidur).
e. Guru menerangkan cara mengidentifikasi noda yang ada pada linen tempat tidur.
f. Guru memberikan contoh dan menerangkan cara menata tempat tidur (prosedur making bed).
g. Setiap kelompok satu persatu dipersilahkan untuk menerangkan nama-nama bagian dari tempat tidur)
h. Setiap kelompok satu persatu mencoba untuk menarik mattras dengan benar.
i. Setiap kelompok satu persatu mencoba mengidentifikasi noda yang ada pada linen tempat tidur.
j. Setiap kelompok satu persatu mencoba untuk melakukan prosedur stripping bed.
k. Setiap kelompok satu persatu mencoba untuk menata tempat tidur (making bed).

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran berbasis power point
• Bed, linen, blanket, pillow dll
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Membersihkan dan merapikan kamar
Indikator : • Kamar dibersihkan dengan susunan yang benar diatur agar tidak menggangu tamu.
• Seluruh perabotan dan perlengkapan dibersihkan dan diperiksa sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/keselamatan.
• Seluruh barang-barang ditata kembali sesuai dengan standar perusahan.
• Persediaan kamar diperiksa, diganti sesuai dengan standar perusahaan.
• Rayap/hama diidentifikasi secepatnya dan tindakan yang tepat diambil sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
• Kamar diperiksa jika ada kerusakan dan seluruh kerusakan dilaporkan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Barang-barang yang rusak dicatat sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Barang-barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan secepatnya dilaporkan sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Barang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong dikumpulkan dan disimpan sesuai prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Siswa dapat membersihkan kamar harus sesuai dengan susunan dan prosedur yang benar agar tidak menggaggu tamu.
• Siswa dapat membersihkan perabot dan perlengkapan kamar harus sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/keselamatan.
• Siswa dapat menata barang-barang kamar harus sesuai dengan standar perusahaan.
• Siswa dapat memeriksa persediaan kamar dan mengganti sesuai dengan standar perusahaan.
• Siswa dapat mengidentifikasi rayap/hama secepatnya dan mengambil tindakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
• Siswa dapat memeriksa dan melaporkan jika ada kerusakan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Siswa dapat mencatat barang-barang yang rusak sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Siswa dapat melaporkan secepatnya barang-barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan sesuai dengan standar perusahaan.
• Siswa dapat mengumpulkan dan menyimpan barang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong sesuai dengan prosedur perusahaan.

B. MATERI POKOK
• Teknik dan prosedur membersihkan serta merapikan kamar.

C. URAIAN MATERI
• Bekerja sesuai SOP.
• Jujur dalam menyikapi barang bawaan tamu yang ada di dalam kamar.
• Teliti dalam melakukan pembersihan kamar.
• Bekerja dengan mempergunakan alat pelindung keamanan dan kesehatan.
• Hati-hati dalam menggunakan alat dan bahan pembersih.
• Mempergunakan waktu dengan efektif dalam membersihkan kamar.
• Tidak menggunakan fasilitas kamar dan barang-barang milik tamu untuk kepentingan pribadi.
• Mengetahui jenis dan bentuk dari fasilitas dan perlengkapan kamar.
• Memahami teknik dan prosedur penggunaan bahan dan alat pembersih.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan kamar mandi.
• Memahami teknik dan prosedur pembersihan kamar tidur.
• Mengetahu teknik dan prosedur pemberantasan hama / binatang pengerat dan melaporkan permasalahan.
• Mengerti prosedur penanganan kerusakan fasilitas dan kelegkapan kamar.
• Menyebutkan jenis dan fungsi guest supplies.
• Mejelaskan cara menata dan melengkapi linen dan guest supplies.
• Memahami pengetahuan tentang kondisi alat yang akan dipergunakan.
• Menjelaskan prosedur penanganan kehilangan dan penemuan barang tamu.
• Mengidentifikasikan barang-barang yang mencurigakan seperti : bom, narkoba senjata tajam dll.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang proses membersihkan dan merapihkan kamar tidur. Proses tersebut harus dikerjakan berdasarkan urutan bagaimana membersihkan dan merapihkan tempat tidur agar nyaman dipergunakan oleh tamu.
b. Motivasi
Cara membersihkan dan merapihkan kamar memperhatikan standar operasional prosedur agar terlihat lebih bersih dan rapih. Dalam pelaksanaan membersihkan kamar seorang room attendant harus memiliki jiwa kejujuran.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang disesuaikan dengan jumlah ruang praktek.
b. Guru menerangkan proses membersihkan dan merapikan kamar harus dimulai searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam atau sesuai dengan standar operasional perusahaan.
c. Guru memberikan contoh proses membersihkan dan merapikan kamar dengan cara men-dusting semua perlengkapan kamar.
d. Guru menerangkan untuk keamanan dan kesehatan saat menggunkan bahan pembersih wajib menggunakan alat pelindung.
e. Guru menerangkan saat membersihkan kamar agar tidak menggunakan fasilitas kamar atau barang milik tamu.
f. Guru menjelaskan bagaimana cara membersihkan kamar mandi (bathroom).
g. Guru menerangkan bila terdapat kerusakan fasilitas dan perlengkapan kamar harus segera melaporkan pada supervisor anda.
h. Guru menjelaskan jenis dan fungsi dari guest supplies serta cara menata dan melengkapi linen dan guest supplies.
i. Guru menjelaskan pada siswa agar dapat menggunakan alat kebersihan dengan tepat.
j. Guru menerangkan bagaimana bila kita menemukan benda-benda yang mencurigakan dan menemukan barang tamu yang hilang.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Laptop
• Infocus
• Media pembelajaran menggunakan power point
• Perlengkapan kamar tamu, alat kebersihan, alat pelindung dll


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK Negeri 2 Cirebon
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi : Menyiapkan kamar untuk tamu ( Prepare Room for Guest )
Kompetensi Dasar : Membersihkan dan menyimpan trolley serta perlengkapan
Indikator : • Trolley dan perlengkapan dibersihkan setelah digunakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.
• Seluruh barang-barang disimpan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Persediaan diperiksa dan barang-barang diganti atau ditata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Membersihkan trolley dan perlengakapan yang telah digunakan sesuai prosedur keselamatan perusahaan.
• Menyimpan seluruh barang-barang secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
• Memeriksa persediaan barang-barang atau mengganti barang-barang yang telah rusak/habis serta menata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan.

B. MATERI POKOK
• Pembersihan atau penyimpanan bahan-bahan dan peralatan pembersih.
• Pengisian dan pencatatan persediaan

C. URAIAN MATERI
• Hati-hati dan cermat dalam mengganti penyimpanan bahan dan alat pembersih.
• Teliti dalam melakukan penyimpanan dan pengisian kembali trolley.
• Bekerja dengan mempergunakan alat pelindung keamanan dan kesehatan.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan dan penyimpanan trolley.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan dan penyimpanan bahan dan alat pembersih.
• Menjelaskan teknik dan prosedur pengisian guest supplies dan perlengkapannya pada trolley.
• Membersihkan trolley.
• Menyimpan trolley dan peralatan pembersih yang dipergunakan.
• Melengkapi kembali isi trolley sesuai SOP.
• Mencatat guest supplies yang dipergunakan.

D. PENDEKATAN
• Kontekstual

E. METODE PEMBELAJARAN
• Ceramah
• Demontrasi
• Diskusi Kelompok
• Roll Play
• Tanya Jawab

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Persepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang proses membersihkan dan menyimpan trolley serta perlengkapannya.
b. Motivasi
Cara membersihkan dan merapihkan kamar memperhatikan standar operasional prosedur agar terlihat lebih bersih dan rapih.

2. Kegiatan inti
a. Siswa dibagi menjadi 4 (empat) kelompok disesuaikan dengan jumlah trolley yang ada.
b. Guru menghimbau kepada semua siswa agar berhati-hati dalam menangani bahan kimia dan alat pembersih.
c. Guru menjelaskan teknik dan prosedur pembersihan dan penyimpanan trolley.
d. Guru menjelaskan teknik dan prosedur pengisian guest supplies dan perlengkapannya pada trolley.
e. Guru menjelaskan cara mencatat guest supplies yang telah dipergunakan dan dicatat pada roon attendant control sheet.

3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.

G. SUMBER DAN ALAT BELAJAR
  • Laptop.
  • Infocus.
  • Media pembelajaran menggunakan power point.
  • • Trolley, guest supplies, bahan dan alat pembersih.